Resep'Terbaru
Loading...

10 Rahasia Membuat Agar-Agar Dan Puding Yang Lezat

Agar-agar pastinya bukan hal yang asing sekalipun bagi para pemula. Karena pembuatannya yang sangat mudah, anda cuma tinggal menambahkan air dan gula lalu mendidihkannya. Maka terciptalah agar-agar yang renyah dan enak itu.

Tetapi kami yakin, anda tak cuma ingin pandai membuat agar-agar serupa itu. Sesekali, terutama  dihari istimewa seperti Lebaran, Natal, atau ulang tahun, Anda ingin menciptakan kreasi lain dari agar-agar.

Puding adalah yang paling sering dibuat dari agar-agar. Untuk anda pemula, tak perlu membuat puding yang rumit-rumit dulu. Puding yang dibuat dengan susu cair, santan atau sari buah pun sudah lezat kok. Perlahan-lahan setelah membuat puding yang sederhana. Anda bisa membuat puding yang lebih variatif. Misalnya dengan menambahkan putih telur kocok atau kuning telur. Setelah itu kita bisa membuat variasi lain dengan membuat bentuk-bentuk yang lebih inovatif.

10 Rahasia Membuat Agar-Agar Dan Puding

Rahasia Membuat Agar-Agar Dan Puding


Apapun puding yang anda buat, ingatlah selalu tip berikut ini;
  1. Selain untuk puding, agar-agar juga dapat dibuat minuman sehat. Caranya, didihkan 1/2 bungkus agar-agar ( merk tergantung pilihan anda ) dalam 3 liter air. Kemudian tinggal anda sajikan dalam keadaan hangat atau dingin. Minuman tanpa kalori ini baik lho untuk yang sedang diet atau yang menderita diabetes.
  2. Selama dimasak, adonan harus selalu diaduk supaya tidak ada bagian yang menggumpal atau menempel didasar panci hingga adonan jadi hangus.
  3. Untuk satu bungkus agar-agar, anda dapat menambahkan 600 ml air sampai 900 ml. Banyaknya air akan menentukan kekerasan puding. Bila anda suka puding yang renyah dan keras, tambahkan 600 ml air. Namun bila anda suka puding yang lembut, gunakan 900 ml air.
  4. Kalau sudah terlanjur hangus, matikan api, lalu saring adonan dan pindahkan dipanci lain. Lanjutkan memasak dan aduklah adonan hingga mendidih.
  5. Membuat puding lapis yang berwarna warni amat menyenangkan. Tetapi jangan menuangkan lapisan kedua bila lapisan pertama belum cukup keras. Untuk membuatnya jadi keras, jangan letakkan puding dalam lemari pendingin. Sekeluarnya dari lemari es, puding akan mengembun hingga lapisan berikutnya tidak bisa menempel dengan baik.
  6. Menuangkan lapisan kedua harus dalam keadaan panas sekali (baru diangkat dari api). Sebaiknya lapisan pertama tidak terlalu kaku, cukup kalau sudah terbentuk lapisan dipermukaannya.
  7. Adonan agar-agar bisa saja ditambahkan cokelat bubuk atau maizena untuk menghasilkan puding yang lebih padat. Ingatlah untuk melarutkan cokelat atau maizena lebih dahulu sebelum mencampurkannya dengan larutan agar-agar.
  8. Puding yang sudah beku bila kurang lembut atau manis dapat dimasak kembali dengan menambahkan 5 sendok makan air diatas api kecil sampai mendidih.
  9. Basahi dulu cetakan yang akan dipergunakan untuk mencetak adonan agar supaya mudah dikeluarkan.
  10. Bubuhkan 1/2 bungkus agar-agar pada 1 kilogram beras saat menanak nasi untuk menghasilkan nasi yang lebih berserat, pulen, lembut dan wangi.
Nah, dengan tip tadi, Anda tidak perlu takut gagal dalam membuat puding atau agar-agar.

Semoga 10 Rahasia Membuat Agar-Agar dan Puding ini bermanfaat untuk anda.

Share if you care

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan Request resep yang anda inginkan