Resep'Terbaru
Loading...

Tips Membuat Beragam Kue Kering Awet Tanpa Pengawet

Khusus Bagi Pemula Yang Ingin Belajar


Beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam membuat kue kering :

  • Baca terlebih dulu tips membuatnya sebelum memulai. Juga kenali bahan-bahan yang digunakan dan perhatikan cara membuatnya.
  • Bersihkan dan keringkan terlebih dulu semua peralatan yang akan digunakan seperti wadah untuk mengocok adonan, pengocok listrik dan kayu, loyang, timbangan atau takaran, gilingan kayu, cetakan, alat penyemprot dan lain sebagainya. Gunakan loyang yang lebar dan tebal. Pilih cetakan dengan bentuk sesuai selera, terbuat dari bahan cetakan yang baik, tidak berkarat dan cukup tebal. Gunakan timbangan atau takaran yang akurat.
  • Periksalah apakah pemanggang atau oven yang akan digunakan masih berfungsi dengan baik, karena ini akan sangat mempengaruhi hasil akhir kue.
  • Pemanggang yang digunakan bisa oven listrik, oven gas atau oven yang terbuat dari kaleng dengan nyala api kompor. Yang penting kenali dulu 'sifat' oven ini. Perhatikan derajat kepanasannya atau nyala apinya. Untuk kue kering, panggang dengan api sedang atau api kecil.
  • Baca resepnya dengan teliti, dan sediakan bahan-bahan yang diperlukan sesuai dengan takaran yang tercantum didalam resepnya.
  • Segera setelah kue kering dingin, masukkan dalam wadah atau stoples bertutup rapat (kedap udara). Dalam penyimpanan yang baik ini kue kering bisa bertahan kurang lebih 3 minggu (tanpa menggunakan bahan pengawet).

Bahan Pembuat Kue



Semua bahan-bahan untuk membuat kue seperti tepung terigu, tepung beras, maizena, havermouth, ataupun kelapa parut kering, atau kelapa bubuk yang terbaru saat ini, serta bahan-bahan campuran lainnya dapat kita beli dalam bentuk siap pakai dipasar bebas ataupun pasar swalayan. Disamping itu kini banyak terdapat toko-toko yang menjual khusus bahan-bahan dasar untuk membuat kue. Pilihlah bahan kue yang berkualitas baik. Kelapa parut kering juga dapat kita buat sendiri, Caranya : Kupas kelapa hingga bersih, kemudian parut memanjang. Panggang dalam oven api kecil hingga kering, tetapi jangan sampai berubah warna. Tepung self-raising adalah tepung terigu yang sudah dicampur dengan baking soda.

Mentega


Telah terjadi salah kaprah mengenai penyebutan mentega dalam istilah sehari-hari. Mentega terbuat dari lemak susu hewani, sedangkan margarin dari minyak nabati daro hewan atau tumbuhan.

Mentega terdiri dari 2 jenis rasa : Asin dan tawar. Sedangkan margarin pada umumnya mengandung rasa asin. Karena itu jika kita hanya menggunakan margarin, maka sebaiknya jangan menambahkan garam pada resepnya.

Mentega membuat rasa kue lebih gurih dan menghasilkan aroma yang lebih harum. Kita bisa membuat kue kering dengan menggunakan mentega seluruhnya, atau setengah bagian mentega dan setengah bagian margarin yang dicampur, sesuai selera dan pertimbangan ekonomis.

Gula dan Telur


Dalam blog ini kita gunakan gula halus yang telah diayak terlebih dahulu. Di samping itu kita gunakan juga gula palem atau gula palm sugar.

Telur yang digunakan bisa telur ayam kampung atau telur ayam negeri. Dengan pertimbangan faktor ekonomis, buatlah kue kering yang menggunakan kuning telur, juga membuat kue kering yang hanya membutuhkan putih telur.

Pisahkan kuning dan putih telur dengan hati-hati. Karena setitik kuning telur akan membuat putih telur gagal dikocok. Disamping itu wadah yang digunakan untuk mengocok dan pengocoknya juga harus benar-benar kering dan bebas minyak. Karena itu seduhlah terlebih dahulu peralatannya dengan air mendidih.

Bahan Pelengkap


Disini digunakan kacang tanah, kacang mete, almont atau kenari, dapat dibeli yang sudah bersih. Disangrai atau digoreng terlebih dulu, kemudian dicincang kasar atau halus sesuai keperluan. Juga digunakan aneka manisan buah cheri, kismis, kurma, sukade, semuanya banyak dijual dalam bentuk siap pakai.

Untuk bahan campuran dan hiasan kue, cokelat yang digunakan berupa cokelat bubuk yang telah diayak terlebih dahulu dan juga cokelat blok atau cokelat masak (Cooking Chocolate. Cara melelehkan cokelat masak yaitu ditim dengan api kecil.

Caranya : Potong-potong cokelat blok, tempatkan dalam wadah tahan panas. Letakkan dalam wadah lain yang lebih besar dan terisi air, panaskan dengan api sangat kecil. Aduk-aduk hingga cokelat mencair atau meleleh dan matikan apinya.

Teruskan mengaduknya hingga semua cokelat meleleh. Perhatikan juga hingga agar tidak ada uap air yang masuk kedalam cokelat.

Baking Powder dan Soda Kue


Keduanya berfungsi sebagai bahan pengembang. Setelah dicampur dengan tepung, ayaklah terlebih dulu agar tercampur rata. Simpanlah baking powder di tempat yang kering dan tertutup rapat. Soda kue atau baking soda, terutama digunakan pada adonan yang menggunakan rasa asam. Misalnya pada adonan kue yang menggunakan rasa jeruk atau esens lemon.  Cara menyimpannya sama dengan baking powder.

Cara Membuat


Timbangan bahan harus tepat dan akurat agar tidak mempengaruhi tahap mencetak dan memanggang. Adonan yang terlalu lembik atau sulit dicetak atau dibentuk. Untuk mengatasinya tambahkan kira-kira satu sendok makan tepung, tuangkan sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan.

Kocok mentega dan gula hingga lembut dan putih. Kemudian tambahkan telur satu persatu sambil terus dikocok hingga lembut lagi. Sesudah itu baru masukkan tepung dan bahan kering lainnya, aduk perlahan dengan sendok kayu hingga tercampur rata dan menjadi adonan sewaktu mengaduk atau membentuk agar hasil kue tidak keras.

Untuk kue kering yang disemprotkan, siapkan terlebih dulu alat penyemprot atau kantung segitiga plastik (piping bag). Pilih dahulu bentok sesuai selera. Semprotkan adonan langsung diatas loyang yang sudah diolesi margarine. Untuk memoles kue gunakan kuas yang kecil, sedangkan untuk memoles loyang kita gunakan kue yang lebih lebar.

Untuk kue kering yang dicetak: Siapkan talenan atau meja dan alasi selembar plastik. Letakkan adonan dan tutup dengan selembar plastik lagi, kemudian giling adonan menggunakan gilingan kayu. Cetak atau potong-potong adonan sesuai selera. Gunakan sodet atau spatula untuk memindahkan adonan yang sudah dicetak ini ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin.

Untuk kue yang di sendoki, gunakan dua buah sendok dan langsung ditata diatas loyang yang sudah diolesi margarin. Begitu juga untuk adonan yang dibentuk dengan tangan, gunakan sepotong plastik dan bentuk adonan dengan kedua telapak tangan, kemudian letakkan langsung diatas loyang.

Sebelum oven digunakan untuk memanggang harus dipanaskan terlebih dulu kurang lebih 10 menit. Waktu memanggang untuk kue kering berkisar antara 30-45 menit dengan api kecil hingga sedang.

Demikianlah Tips Membuat Kue Kering Untuk Pemula

Semoga bermanfaat untuk anda yang baru belajar membuat kue kering, Jika anda berkenan bantu kami dengan Like and Share.

1 comment: Leave Your Comments

  1. Thanks for sharing,.
    Kunjungi juga http://bit.ly/2F3UmIv

    ReplyDelete

Tinggalkan Request resep yang anda inginkan